ABSTRAK
PENINGKATAN
GERAK DASAR KAYANG DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU PADA SISWA KELAS VII C SMP N 8
BANDAR LAMPUNG PELAJARAN 2010/2011
Oleh
SUWARLI
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran gerak dasar kayang
pada siswa kelas VII C SMP N 8 Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011, dengan penggunaan alat bantu berupa matras yang digulung dan menggunakan
bantuan dua teman.
Jenis penelitian
yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) kolaborasi participations, dengan
menggunakan dua siklus. Dengan
subjek penelitian adalah siswa kelas VII C yang berjumlah 36 siswa, dengan jumlah 20 laki-laki dan 16
perempuan. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan
menggunakan instrumen penilaian tes gerak dasar kayang.
Hasil penelitian menunjukkan: pada temuan awal hanya mencapai ketuntasan
33,33% hal ini berarti masih rendahnya kemampuan gerak dasar siswa dalam
melakukan gerak dasar kayang. Pada siklus pertama dengan penggunaan alat bantu matras yang di gulung diperoleh
prosentase keberhasilan ketuntasan belajar meningkat menjadi 63,89%, sedangkan prosentase ketuntasan belajar
klasikal 85% itu berarti tindakan belum memenuhi ketuntasan belajar. Pada siklus kedua dengan menggunakan bantuan ke dua teman diperoleh
prosentase keberhasilan ketuntasan belajar mengalami peningkatan menjadi 94,44%, hal ini berarti proses pembelajaran
telah mencapai ketuntasan klasikal. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa
pembelajaran senam lantai khususnya pada materi gerak dasar kayang, dengan menggunakan alat bantu dapat
memperbaiki dan meningkatkan gerak dasar kayang pada siswa-siswi kelas VII SMP N 8 Bandar Lampung.
kalo ngukur kemampuan kayangnya pake apa ya mas?????????
BalasHapus